Sabtu, 04 Juli 2009

Pertumbuhan Si Kecil di Bulan Kedua



Bayi Ibu mengenali Ibunya

Ibu adalah orang yang paling dikenal oleh bayi Ibu. Lakukan saling berpIbungan muka dengannya, sesering mungkin. Dalam pelukan Ibu, ia merasa nyaman hingga jika diangkat orang lain ia kan menagis. Biasanya ia akan menggerakkan tangannya jika dia senang dan merasa tenang dengan menghisap jemari jari.


Memberi ASI Pada Bayi


Masalah pemberian ASI sering muncul pada bayi dan kolik cenderung menjadi salah satu masalah yang sering muncul – terjadi pada 1 dari 4 bayi kecil. Namun bayi yang mengalami kolik tidak akan mempunyai masalah lanjutan setelah kolik itu berhenti. Ibu mungkin resah mendengarkan tangisan yang berlangsung lama sekali setiap harinya. tapi ibu harus tetap tenang dalam menanganinya.

Bayi Ibu Belajar Mengangkat Kepala


Bayi Ibu yang kini berusia usia 2 bulan otot-otot tubuhnya terus menguat dan keterampilannya makin meningkat. Ia akan mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuhnya seperti mengangkat kepalanya dan menopang lehernya selama beberapa saat ketika dia dalam posisi tengkurap.

Berkomunikasi

Meskipun bayi usia 2 bulan Ibu belum bisa berbicara dengan menggunakan kata-kata, dia punya cara berkomunikasi. Di usia ini ia mulai mengeluarkan suara dari mulut kecilnya. Suara Ibu mungkin jadi suara favoritnya. Saat ia mendengar suara Ibu , maka dia akan merespons secara naluriah dengan membuat jawaban suara.
Ibu juga akan melihat bayi Ibu tersenyum manis pada Ibu. Bukan lagi senyum refleks pada saat tidur, tapi senyum yang memancing respon Ibu untuk membuatnya tersenyum lebih lebar.

Menemukan Tangannya

Saat refleks genggamnya berkurang, bayi Ibu akan mulai menganggap tangannya sebagai mainan barunya (serta mulutnya) untuk mengeksplorasi semua benda yang disentuhnya. Karena itu hindarkan benda-benda berbahaya dari si kecil.

Tahukah Ibu?

Fisik bayi Ibu berkembang dari kepala hingga ujung kaki. Dimulai dengan menguatnya otot lehernya untuk menopang kepala, lalu bahu, dada, punggung bagian bawah sampai otot kaki yang membuat si kecil mampu melangkahkan kaki mungilnya. oleh karena itu jangan terlalu memaksakan diri untuk mendudukkan bayi atau menggendong berdiri, jika si kecil belum kuat menopang kepalanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar