Sabtu, 04 Juli 2009

Merawat Bayi Di Minggu Pertama

Minggu Pertama

Setelah selama 9 bulan berada dalam rahim Ibu yang hangat dan nyaman, tidak mengherankan jika minggu pertama si bayi akan dihabiskan untuk membiasakan diri dengan dunia baru yang menakjubkan di sekitarnya. Upaya penyesuaian diri ini bisa membuat Ibu sibuk di minggu-minggu pertama. Karena, seperti halnya si kecil, tahap ini menjadi masa perkenalan Ibu dengannya.

Memberi Susu Bayi Ibu

Bayi baru lahir Ibu akan mendapatkan kebutuhan gizinya dari susu yang Ibu berikan berupa ASI
Rencanakan pemberian ASI yang akan Ibu pilih untuk si Kecil, agar kebutuhan gizinya terpenuhi.

Gerakan Refleks Alami

Ketika lahir bayi Bunda dilengkapi gerakan refleks alami . Gerak refleks ini menjadi cara untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di awal kehidupannya. Bunda, bisa merasakannya saat bayi Bunda mencoba menggenggam jari Bunda saat menyentuh telapak tangannya. Secara insting ia juga akan menoleh kearah sentuhan di pipinya. Atau seperti saat Bunda menaruh sesuatu kemulutnya, maka ia langsung mencoba menghisapnya.

Berkomunikasi
Bayi akan berkomunikasi dengan Ibu lewat tangisan. Tangisan adalah salah satu refleks alami bayi sebagai cara berkomunikasi si kecil yang paling efektif, karena dengan itu ia segera mendapat respons yang akan memberinya rasa aman dan nyaman. Dalam minggu-minggu pertama, tangisan bayi bisa jadi merupakan protes atau panggilan darurat. Ibu pun akan segera belajar mengetahui mengapa bayi Ibu menangis dan Ibu makin pintar mengatasinya

Tahukah Ibu?
Perut bayi Ibu seukuran mangkuk telur rebus. Jadi, jangan heran bila dia perlu menyusu sedikit tapi sering terutama pada minggu-minggu pertama kehidupannya.

Dengan frekuensi menyusu yang tinggi, Ibu perlu ’membekali’ tubuh Ibu dengan makanan dan minuman bergizi untuk mengganti energi dan cairan tubuh yang berkurang selama menyusui. frekwensi bayi lapar kurang lebihnya 2 jam sekali, tetapi umumnya bayi cenderung meminta susu kurang dari 2 jam. Lebih baik susu diberikan sedikit-sedikit tapi sering untuk menghindari "gumoh".

Penglihatan
Ketika si kecil membuka matanya untuk pertama kali, semua yang ada di sekelilingnya masih tampak samar dan kabur. Wajah Ibu pun baru tampak jelas baginya bila berjarak ketika berjarak 20 - 25 cm dari matanya . Sistem penglihatan bayi baru lahir Ibu belum mampu memusatkan kedua matanya pada satu objek. Kedua matanya akan mampu bekerja selaras dalam memusatkan penglihatan terhadap sebuah obyek setelah dia berusia 3-6 bulan.


Setelah mencapai usia 8 bulan, si kecil akan mampu melihat “dunia baru” di sekitarnya dalam persepsi 3 dimensi, seperti Ibu.

Memijat Bayi Baru Lahir Ibu
Pijat adalah cara terbaik untuk membantu agar bayi Ibu rileks. Pijat juga mengembangkan ikatan emosional yang kuat antara Ibu berdua.

Walau Ibu tidak pandai memijat, gerakan lembut yang Ibu berikan akan membuat bayi nyaman bahkan tertidur. Tapi Ibu juga bisa tahu jika dia tidak nyaman. Gunakan hanya minyak organik murni yang aman dan lembut di kulit bayi dan tidak berbahaya bila termakan bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar