Jumat, 03 Juli 2009

Obat - obat yang Berbahaya untuk Anak-anak

Bunda, Bayi mempunyai liver(hati) yang masih lemah dan perlu adaptasi, oleh karena itu bayi sangat riskan untuk keracunan serta memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Akan tetapi Clusstrum dari ASI bundalah sebuah imunisasi "natural". Akan tetapi dikarenakan beberapa hal terkadang kita terpaksa tidak bisa memberikan ASI kepada sang Bayi dan mengakibatkan si kecil mudah sakit! Atau karena adaptasi yang kurang bagus dari Si Baby yang mengakibatkan dia terkena sakit.

Dan Jika Hal ini terjadi (bayi anda sakit), maka berhati-hatilah dalam memberikan obat. Sebisa mungkin Bunda untuk tidak memerikannya obat, karena pada dasarnya obat itu adalah racun. cobalah dengan cara memberikan madu, atau cara natural lainnya.

Akan tetapi jika memang terpaksa bunda memberikan obat, maka perlu dicatat bunda beberapa daftar obat yang berbahaya untuk bayi seperti berikut ini :

Aspirin

Jangan pernah memberikan obat yang mengandung aspirin bagi bayi anda. Aspirin dapat menjadikan bayi anda rawan terhadap serangan penyakit Reye’s Syndrome. Jangan pernah berpikir bahwa obat-obatan untuk anak yang anda beli ditoko-toko obat sudah bebas aspirin.bacalah labelnya terlebih dahulu untuk memastikan.

Obat Anti Mual

Jangan memberikan bayi anda obat anti mual kecuali jika dokter anak anda yang merekomendasikannya. Sistem tubuh anak tidak akan tahan dengan obat-obatan semacam ini.

Obat Untuk Orang Dewasa

Jangan memberi bayi anda obat-obatan yang biasanya diperuntukkan bagi orang dewasa, bila hal ini dilakukan akan mengakibatkan hal yang berbahaya. Bila obat tersebut, misalnya sama sekali tidak memberikan dosis khusus buat anak-anak, jangan berikan obat ini untuk bayi anda.

Obat Untuk Bayi Lain

Obat yang diresepkan untuk bayi lain akan tidak efektif dan bisa berbahaya bila diberikan kepada bayi anda. Berilah bayi anda obat yang memang telah diresepkan khusus untuknya.

Obat Kadaluarsa

Segera musnahkan obat-obat yang telah kadaluarsa. Obat-obatan yang telah kadaluarsa tidak akan efektif bila digunakan malah tidak menutup kemungkinan akan berbahaya. Jangan juga membuang obat itu kedalam toilet anda karena hal tersebut bisa meracuni air tanah yang pada akhirnya dapat mengganggu anda khususnya meracuni air tanah yang anda konsumsi.

Ekstra Acitaminofen

Banyak obat pilek dan batuk yang mengandung acetaminofen dengan maksud meringankan demam dan rasa nyeri. Anda harus hati-hati dalam hal ini karena dosisnya yang berlebih dapat berdampak tidak baik bagi perkembangan bayi anda. Bila anda ragu dengan komposisi obat yang akan anda gunakan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan apoteker atau dokter anak anda.

Ibuprofen

Bila bayi anda mengalami dehidrasi dan muntah-muntah terus menerus,j angan memberikan obat yang mengandung ini sebab obat ini bisa mengiritasi perut.

Kemasan Tablet

Untuk bayi dibawah usia 3 tahun, sebaiknya hindari untuk memberikan obat dalam kemasan tablet. Obat dalam kemasan tablet memiliki potensi untuk membuat bayi anda tersedak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar