Jumat, 19 Juni 2009

Tiga Bulan Pertama Bersama Sang Buah Hati (bag.2)

Bermain dengan Si kecil
  1. ajak bayi anda bermain karena dapat merangsang indera bayi (penglihatan, pendengaran, sentuhan serta perkembangan motoriknya) untuk meningkatkan intelektual sang baby.
  2. keselamatan bayi adalah prioritas utama dalam memilih mainan. Pilih mainan yang tidak mudah tertelan, dan tidak melukai bayi.
  3. berikan mainan yang ringan dan gampang di pegang. Jangan berkan mainan yang runcing atau tajam.
  4. terbuat dari bahan non-toxic
Bepergian dengan Buah Hati
  1. Bawa semua kebutuhan bayi yang diperlukan dalam jumlah yang cukup.
  2. jangan berpergian saat bayi baru di-imunisasi, terutama untuk imunisasi yang menimbulkan demam (DPT dan Campak).
  3. pilih Kendaraan yang nyaman dan aman bagi bayi ( jangan memaksakan diri untuk keluar kota dengan kendaraan roda dua), jika lebih aman dan nyaman bagi si kecil untuk naik bus, maka itu lebih baik.
  4. Pakaikan baju sesuai cuaca dan bawa penutup tubuh ekstra (selimut bayi) untuk menghadapi perubahan cuaca dan untuk menjaga bayi tetap hangat.
Selain dua hal diatas ada beberapa point yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi diantaranya yaitu
  • rutinkan untuk memotong kuku bayi, agar tidak melukainya saat ia mengusap-ngusap wajahnya dengan jemari-jemari lucunya.
  • hati-hati dalam memandikan bayi, jika anda tidak yakin dalam melakukan hal ini lebih baik hanya menyeka saja.
  • gunakan body lotion agar kulitnya tetap lembab dan minyak telon agar tetap hangat.
  • hati-hati dalam menggunakan bedak, terutama di bagian lipatan paha karena dapat menyebabkan biang keringat. (saran saya lebih baik jangan membedaki bagian lipatan paha bayi/ terutama yang dekat dengan kemaluannya).
  • hindari kontak dengan buah hati anda jika daam keadaaan sakit, jika anda flu lebih baik menggunakan masker saat mendekatinya.
  • cucilah tangan terlebih dahulu sebelum pegang sang bayi, jika anda telah keluar dari rumah.
  • panaskan bayi anda pada pagi hari, karena sinar matahari pagi tersebut dapat memecahkan bilirubin pada bayi, sehingga menghindari anak anda dari penyakit "kuning", serta mendapatkan vitamin D. Tetapi perlu diperhatikan jangan memanaskan bayi jika matahari telah lebih dari pukul 09.00 pagi dan jangan menghadapkan mata bayi anda ke sinar matahari. jika memang harus menghadap matahari, maka tutuplah mata bayi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar