Rabu, 17 Juni 2009

3 Bulan Pertama Bersama Buah Hati

Tiga Bulan Pertama
bersama Sang Buah Hati (bag.1)

Kedatangan Buah hati yang telah ditunggu-tunggu oleh sang Ayah dan Bunda, tentu akan membawa semakin semarak dan harmonisnya rumah tangga. Hari pertama membawa pulang si Kecil ini tentu menjadi hari yang menyenangkan dan menegangkan, terutama untuk putra pertama. perlu kiranya untuk menanamkan rasa percaya diri yang mendalam agar bayi tetap nyaman dalam dekapan Ayah/Bunda. tak perlu ragu dalam menggendong si kecil, yakinkan diri anda dan tetap berhati-hati. Berikut ini tips dalam tata cara menggendong bayi:
langkah awal adalah pegang daerah tengkuk/leher putra-putri anda, karena bayi masih belum mampu untuk menopang kepalanya sendiri.
Kemudian ambil/angkat bagian pinggang belakang-pantat bayi anda. setelah bayi terangkat perlahan lahan pindahkan bagian leher bagi anda dilipatan siku anda dan dekapkan bayi anda secara lembut karena bayi merasa tenag saat mendengarkan irama denyut jantung Bundanya. Itulah mengapa bayi yang di gendong dengan kepalanya berada di sebelah kiri lebih nyenyak tidurnya dibanding saat dia menghadap sebelah kanan.

Tidur Bayi
  1. bayi yang baru lahir akan tidur lebih banyak dibanding orang dewasa ( 10,5 - 18,5 jam /hari)
  2. Bayi mengalami masa adaptasi dengan lingkungannya yang mengkibatkan jam tidurnya tidak menentu. Hal ini yang menybabkan bayi sering terjaga di malam hari dan terkadang terlelap di siang hari.
  3. Perlu bagi Ayah - Bunda untuk memperkenalkan rutinitas sebelum tidur, sehingga sang bayi dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya. contohnya dengan meredupkan lampu sebelum tidur; hal ini akan mengjarkan bayi tentang malam (gelap) dengan siang (terang).



1 komentar:

  1. saya mempunyai anak pertama seorang laki-laki. terkadang kami bingung kenapa tidur malamnya hanya sebentar saja. Paling-paling hanya 30 menit! apa dikarenakan saat tidur lampu kamar kami selalu menyala! atau .....

    BalasHapus