Sabtu, 20 Juni 2009

KEGUGURAN KANDUNGAN

Keguguran adalah terhentinya kehamilan sebelum janin mampu hidup di luar kandungan (umur kurang dari 28 minggu). Menurut kejadinaay keguguran dapat dibedakan jadi dua, keguguran spontan dan keguguran buatan (keguguran yang dibuat oleh dukun atau dokter). Untuk sebab-sebab keguguran secara spontan memang masih belum diketahui secara pasti, tetapi dari hasil riset ada beberapa penyebab terjadinya keguguran:
1. sel telur kurang baik atau matang
2. sel spermatozoa yang kurang sempurna yang mengakibatkan perkembangan janin terganggu dan mengalami kelainan dan dapat mengakibatkan janin mati didalam rahim.
3. ketidaksuburan lapisan rahim (endometrium), yang diakibatkan oleh kurangnya gizi, atau terdapat penyakit dalam rahim.
4. faktor penyakit sistematik, yaitu ibu yang mengandung mempunyai penyakit darah tinggi, ginjal atau yang lainnya.

Beberapa bentuk klinis keguguran :
  1. Abortus insiplens (keguguran mengancam), yaitu potensi bunda untuk dapat mengalami keguguran. Hal ini dapat dicegah apabila belum ada bukaan pada mulut rahim dengan cara pengobatan, istirahat yang cukup bahkan bed rest/ titah baring (istrahat di tempat tidur) selama hamil.
  2. Abortus inkompletus (keguguran tidak lengkap) Pada rahim terdapat darah seperti darah menstruasi tetapi mulut rahim telah tertutup. sebaiknya konsultasikan dengan dokter. beberapa kejadian (patient) sering bingung dikarenakan dia hamil tapi kenapa masih menstruasi teratur.
  3. Abortus kompletus (keguguran lengkap), pengeluaran seluruh isi rahim.
  4. Missed Abortion (terhentinya kehamilan), kehamilan telah terjadi tetapi hasil konsepsi masil tertingal didalam lebih dari 6 minggu, keguguran ini dapat terjadi gangguan pembekuan darah atau dapat menajadi sumber infeksi. Missed abortion dikeluakan di rumah sakit dengan cara operasi atau dengan persiapan khusus dengan bantuan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar