Rabu, 05 Agustus 2009

Apakah Anak Kita Autis?

Bagaimana cara mendeteksi autis pada anak sejak dini?
Apakah anak kita Autis? Pertanyaan ini terkadang terlintas di benak kita, tetapi karena kurangnya informasi tentang deteksi awal autisme di usia dini menjadikan kita penuh tanya yang tak berpenghujung.

Bunda, jangan khawatir terlalu berlebihan! Hanya saja kita perlu mengetahui tanda-tanda autis yang bisa dikenali sejak bayi berusia 1 tahun atau lebih. Apabila Bunda menemukan salah satu tanda berikut ini, Anda patut "curiga", segera konsultasikan dengan dokter terdekat.
tanda-tanda tersebut, yaitu :
  1. bayi anda kurang berekspresi, seperti tersenyum, tertawa. jika Bunda, melihat bayi anda tidak pernah tertawa atau tersenyum patut bunda untuk curiga.
  2. tidak ada respon ketika dipanggil
  3. tidak pernah mengeluarkan suara apapun, walaupun hanya bergumam, menyemburkan ludah atau bereksperimen dengan alat bicara lainnya (bibir, lidah atau suara tenggorokan) yang menandakan bayi ingin berkomunikasi dengan anda.
  4. ciri-ciri berikut yang paling mudah kita perhatikan, yaitu kontak mata. anak autis tidak mau atau jarang bertatap muka atau melakukan kontak mata dengan siapa pun, termasuk orang tuanya sendiri. Sehingga dapat dipastikan ia lebih suka mengamati benda-benda lain dalam kurun beberapa menit. dari pada menatap mata orang lain.
  5. Bayi Autis jarang sekali menirukan gerak benda atau anda, atau dia tidak pernah membalas lambaian tangan anda.
jika 5 hal tersebut diatas tidak ada dalam bayi kita, maka bunda/ibu tidak perlu khawatir! semoga aja anak kita tidak mempunyai gejala-gejala diatas. Dan bagi bunda yang ternyata buah hatinya mempunyai ciri-ciri diatas segera konsultasikan ke dokter dan lakukan terapi sejak dini, sehingga tidak terlambat.

semoga informasi ini bermanfaat.



http://abenicooks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar