Jumat, 08 Januari 2010

4 Harga yang Mahal


hari ini suami mengikuti ceramah jumat! dan materi jumatnya begitu menggetarkan hati.
mengenai 4 harga yang sering takternilai bahkan terlupakan orang, pada hal 4 nilai itu sangat berharga sekali

1. harga atau nilai muda
harga atau nilai ini hanya bisa diingat oleh mereka yang sudah pensiun, mereka yang sudah udzur alias tua dan renta, mereka sekarang tinggal mengatakan andai aku masih muda... aku pasti...ini dan itu...

2. harganya sehat
sehat itu selalu dilupakan dan harganya sangat dipahami oleh mereka yang sakit,
sehat itu nilainya bisa dimengerti oleh mereka yang badannya sedang gemetaran atau kedinginan karena sakit. kita sering tidak menghargai sehat ini bahkan tidak mengerti bahwa ini adalah nikmat Allah yang besar, nikmat kesempatan untuk kita dapat bertindak sesuatu lebih baik.

3. harganya selamat
selamat itu hrganya hanya dapat dinilai oleh mereka yang telah mendapat bencana. saudara kita di Padang yang telah kena bencana musibah, kehilangan harta benda rumah roboh bahkan ada yang kehilangan sanak family, mereka ini tentu dapat mengerti benar betapa beruntungnya kita yang berada di jawa, madura, nusa tenggara, dll. mereka dapat memahami betapa mahal nilai selamat ini. harga nilai selamat hanya dimengerti dan diketahui oleh orang yang terkena musibah.

4. harga/nilai hidup
apabila nilai sehat yang mengerti adalah mereka yang sakit,
apabila nilai muda yang paham adalah mereka yang tua,
apabila nilai selamat yang tahu adalah mereka yang terkena bencana,
maka nilai hidup juga demikian yang memahami, mengerti dan mengetahui adalah mereka yang mati. mereka yang mati tahu betul bahwa hidup ini sangat bernilai tinggi, kesempatan peluang yang tidak ada taranya untuk berbuat kebajikan dan kebajikan. bahkan dalam Al-Qur'an dikatan karena saking (red: terlalu) menyesal dan terlalu mengerti harga sebuah kehidupan maka mereka minta di hidupkan kembali didunia untuk menebus kesalahannya dan untuk dapat berbuat takwa dan melakukan amal yang dapat menjadi bekal kelak.
setiap insan pasti akan pergi menemui Allah melalui ajalnya. hanya saja apakah cukup bekal kita untuk dapat di pertanggung jawabkan di depannya? itu yang jadi pertanyaan besar bagi kita ? mari kita renungkan!


Wow! sebuah ceramah jum'at yang singkat tetapi cukup menggetarkan dan menampar kita, terutama bagi kita yang sudah tua, atau yang baru sembuh dari sakit sehingga tau benar nilai atau harganya sehat! waktu dan kesempatan itu adalah anugerah, semoga kita tidak menyia-nyiakannya! amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar