Selasa, 07 Juli 2009

Tumbuh Kembang Bayi saat Usia 4 - 6 Bulan


Bayi Bunda hampir bisa duduk.

Rasanya baru baru kemarin Bunda meninggalkan rumah sakit dengan membawa pulang buah hati yang baru lahir. Dan sekarang, Bunda sampai pada serangkaian perkembangan baru bayi-Bunda yang menyenangkan.

· Bila dibaringkan telungkup, ia mampu menggunakan kedua tangannya untuk menahan tubuhnya dan mulai mencari cara agar dapat merangkak (red jawa : ongkong-ongkong).

· Mulai belajar mengguling-gulingkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri.

· Lengan, tubuh bagian atas dan leher bayi Bunda semakin kuat, dan sebentar lagi dia akan bisa duduk tanpa bantuan.

Memberi makanan tambahan pada bayi Bunda

Bunda, pasti mulai berpikir untuk mengenalkan makanan padat sebagai tambahan susu (pemerintah menyarankan susu eksklusif sampai 6 bulan). Jadi, inilah waktunya untuk mulai memberi makanan tambahan! Proses makan ini membantu mengembangkan otot mulut yang akan dia gunakan untuk berbicara serta mengenalkan rasa dan tekstur baru. Bunda juga mungkin ingin mempertimbangkan susu lanjutan saat berencana menyapihannya.

Bayi Bunda Lebih Sering Bergerak

Bunda, akan melihat bayi Bunda sekarang bisa lebih mengontrol tubuh bagian atasnya dan mungkin bisa duduk tanpa terguling. Pada tahap ini, Bunda akan melihat otot-otot kecil di leher, bahu dan dadanya makin berkembang.

Karena ia makin aktif bergerak, Bunda mungkin kerepotan saat si kecil sibuk berguling-guling ketika Bunda mengganti popoknya. Supaya aman, sebaiknya naikkan pintu boks bayi Bunda

Luangkan waktu untuk bermain di lantai. Tengkurapkan bayi Bunda dan dorong agar dia menjangkau mainannya. Ini akan memberi peluang si kecil untuk keterampilannya bergerak.

Cengkeraman dan penglihatan yang lebih baik

Pada tahap ini refleks genggam alami bayi Bunda berubah menjadi gerakan tangan dan jari yang lebih terkontrol. Dia akan mengeksplorasi benda dengan memegang dan menggoncang-goncangkannya dengan tangan.

Ia mulai mengamati serta mempelajari bentuk dan ukuran benda yang dipegangnya serta mampu meraih dan memegang benda yang disukainya. Karena penglihatannya yang makin sempurna, maka ia juga mulai bisa melihat, kemudian meraih dan memegang benda-benda berukuran kecil.

Kemampuan melihat lebih jauh dan lebih fokus, sehingga dunia terlihat lebih menyenangkan dan berwarna.

Tahukah Bunda?

Wortel memiliki rasa manis alami yang disukai bayi serta membantunya belajar menikmati sayuran sejak dini.

Mencari sumber suara

Usia 4 – 6 bulan adalah tahap bayi mengenali suaranya sendiri. Ia akan mengeluarkan suara-suara barunya saat berceloteh. Karena pada tahap itu, dia membuat suara untuk kesenangannya sendiri sambil mencoba mengenalinya. Walau ia belum bisa menyebut ’ma’ atau ’pa’ dan belum bisa diajak ngobrol dengan baik, namun berbicara dengan bayi pada tahap ini bisa membantu perkembangan bicaranya.

Mungkin suara yang pertama kali Bunda dengan adalah tawanya. Coba kelitiki bayi Bunda untuk membuatnya tertawa. Meski terlihat aneh, akan tetapi mengajak ngobrol bayi dapat membantu perkembangan bicaranya.

Belajar

Bayi bisa belajar dari banyak hal, termasuk ketika ketika menjalani rutinitas sehari-hari bersama Bunda. Meski bayi Bunda belum bisa menjawab, teruslah mengajaknya bicara dan berikan senyuman untuk melatih kemampuanya berbicara.

Mainan bergemerincing yang Bunda belikan akan akan membantunya menggunakan otot tangan dan jari, dan suara baru yang menyenangkan itu akan mengejutkan dan menghiburnya.

Acara mandi juga bisa lebih menyenangkan saat bayi Bunda tahu bahwa kalau dia menggerakkan tubuhnya, akan menimbulkan percikan kecil air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar